3 Bisnis Rumahan Tanpa Modal Besar yang Cocok untuk Para Pemula!

Hampir semua pebisnis pemula atau yang ingin coba-coba lebih memilih jenis bisnis rumahan tanpa modal. Alasannya sangat beraneka ragam, ada yang belum punya cukup modal, kebutuhan penting masih banyak, atau belajar dulu cara berbisnis.

Akan tetapi faktor penyebab yang paling sering adalah karena masyarakat tersebut lebih menginginkan bermain dengan aman. Pasalnya, kegiatan bisnis identik dengan modal serta resiko besar. Bayangkan jika Anda muluk-muluk mencoba usaha gedongan namun akhirnya bangkrut karena disebabkan beberapa hal. Tentunya masalah tersebut bisa membuat stress dan trauma akan mulai bangkit berbisnis kembali. Apalagi jika modal sudah betul-betul habis, entah untuk menutup kerugian, menggaji karyawan, atau mengembalikan uang pelanggan yang kecewa. Duh, membayangkannya saja bisa membuat para calon pembisnis pemula gentar dan mungkin ada yang tak jadi memulai usaha.

Akan tetapi, memang seperti itulah resiko dari berbisnis. Anda harus memulai dan membangun segala sesuatunya dari awal. Mulai dari mencari modal, membentuk brand, memasarkan produk atau jasa, melakukan transaksi dan berkomunikasi dengan pembeli. Mendapatkan untung dan rugi sudah jadi makanan sehari-hari dan mau tak mau harus dihadapi.

Kenapa Bisnis Rumahan? 




Bisnis rumahan tanpa modal sering dijadikan alternatif usaha paling disukai masyarakat. Terlebih lagi jika Anda sama sekali belum pernah mencoba kegiatan tersebut sama sekali. Takut jika bangkrut tentu saja tetap ada dan inilah yang menjadi salah satu alasan kuat kenapa orang lebih memilih menggiati bisnis rumahan saja.

Meskipun hampir tanpa modal, namun ada beberapa jenis bisnis ringan yang dapat dilakukan di rumah tapi menghasilkan keuntungan besar. Terbukti dengan munculnya banyak UKM dan pebisnis Indonesia yang mencoba membuat usaha kecil di rumah masing-masing.

Selain itu, bisnis tersebut digemari karena memberikan banyak keuntungan. Salah satunya seperti waktu yang lebih fleksibel karena Anda tak perlu ke sana kemari untuk menjalankan bisnis. Cukup duduk manis di rumah maka seluruh kegiatan usaha dapat dilakukan dengan baik.

Kemudian Anda bisa memanfaatkan orang di sekitar untuk membantu baik tenaga maupun pikiran, contohnya seperti keluarga, saudara, orang tua, bahkan tetangga. Keuntungan lain adalah kegiatan pemasaran atau promosi jadi lebih cepat dan mudah.

Hal ini disebabkan karena Anda bisa langsung melakukannya kepada lingkungan rumah terlebih dahulu. Lalu nanti kabar mengenai bisnis rumahan Anda bisa tersebar luas dari mulut ke mulut.

Jenis Bisnis Rumahan Tanpa Modal 

Untuk memulai sebuah bisnis tertentu, Anda tidak melulu harus menyiapkan modal besar.  Contohnya saja seperti uang, modal tempat berupa gedung atau kantor, puluhan karyawan, atau sebagainya. Pebisnis pemula bermodal kecil tak perlu khawatir karena masih banyak sekali peluang bisnis rumahan tanpa modal, antara lain sebagai berikut:

  1. Jasa Menjahit

Jika di rumah terdapat mesin jahit dan kebetulan Anda bisa menjahit maka buka saja bisnis jasa menjahit pakaian di rumah. Usaha ini sangat simpel dan tidak memerlukan modal sama sekali. Tinggal memanfaatkan mesin jahit lama yang awalnya menganggur saja. Beritahukan kepada para tetangga kalau mulai sekarang mereka dapat menggunakan jasa Anda untuk membantu menjahit, merombak, atau bahkan membuat pakaian.

Nah, apabila jasa jahitan mulai ramai maka Anda pun bisa mengembangkan bisnis tersebut lebih besar. Caranya adalah dengan memproduksi pakaian dengan desain buatan sendiri. Pajang di rumah agar tiap pelanggan bisa melihatnya. Dengan begitu, Anda bisa mulai berlatih untuk menjadi seorang desainer dan menjual aneka jenis pakaian brand pribadi.

  1. Menulis Blog

Siapa bilang hobi dan kegiatan menulis tidak bisa dijadikan peluang bisnis? Anda jangan salah karena menulis bisa menghasilkan banyak uang. Caranya mudah dan sama sekali tidak membutuhkan modal berupa uang sepeserpun. Yang dibutuhkan hanyalah komputer atau laptop dan koneksi internet saja.

Anda bisa mulai dengan banyak cara, bisa dengan menjadi seorang penulis dan jurnalis lepas, menuangkan ide lewat tulisan opini lalu dijual ke beberapa portal media massa online. Atau jika ingin lebih bebas berekspresi maka cobalah menulis di blog atau website pribadi.

Pilih tema sesuai keinginan dan kesukaan misalnya memasak, berbagi resep makanan,  tutorial make up, travelling, pengetahuan umum dan sebagainya. Makin giat Anda menulis maka kemungkinan dilihat serta dikunjungi masyarakat dunia maya juga semakin besar. Inilah yang akan menjadi ladang emas karena jika blog sudah ramai pengunjung maka Anda mendapatkan bayaran tiap bulannya. Bukan dengan rupiah melainkan dalam bentuk Dollar sehingga nanti bisa dikonversikan sendiri dalam jumlah lebih besar.

Menarik sekali untuk dicoba bukan?

  1. Membuka Les Privat atau Bimbingan Belajar

Pernahkan Anda, anak, atau saudara mengikuti program bimbingan belajar dan les privat? Hal ini biasanya dilakukan ketika mendekati masa ujian sekolah atau tes masuk perguruan tinggi sehingga membutuhkan tambahan pelajaran untuk menunjang nilai.

Coba Anda hitung berapa besar biaya untuk masuk ke tempat les tersebut. Mungkin ada yang beberapa ratus ribu sebulan, satu juta atau bahkan sampai lima juta rupiah untuk tiap paket belajarnya. Ini bisa dijadikan ide bagus untuk membuat bisnis rumahan tanpa modal.

Anda bisa membangun tempat les sendiri di rumah dengan memanfaatkan fasilitas yang ada, misalnya saja ruangan kosong yang tidak banyak dipakai beraktivitas. Kemudian tinggal menambahkan fasilitas lain seperti karpet untuk anak-anak duduk, papan tulis kecil, penghapus, buku absen, dan sebagainya.

Kemudian untuk mendapatkan murid pun tak perlu susah payah. Promosikan bimbingan belajar kecil di rumah kepada para tetangga dekat. Pastinya anak-anak mereka akan dengan senang hati les privat di sana. Alasannya adalah karena lebih praktis, jaraknya dekat, dan pastinya menjadi lebih hemat.

Nah itulah tadi tiga contoh jenis bisnis rumahan tanpa modal yang dapat Anda coba sendiri. Jangan takut gagal atau memikirkan bangkrut lebih dulu sebelum memulainya. Jika berjalan dengan lancar dan banyak peminatnya maka Anda bisa mengumpulkan modal khusus. Tujuannya adalah untuk memperbesar usaha tersebut sehingga bisa dikenal masyarakat luas. Dengan begitu keuntungan yang didapatkan juga banyak!