Inilah 3 Bisnis Waralaba dengan Modal Minim Tapi Bepeluang Besar!

Pernah tidak Anda mendengar tentang jenis bisnis waralaba dengan modal minim? Salah satu bisnis yang saat ini disukai dan diincar para pebisnis muda. Alasannya karena waralaba sangat praktis, tidak butuh banyak modal, efisien waktu dan juga tenaga.

Apa Saja Keuntungannya? 

Bisnis waralaba dengan modal minim mempunyai banyak sekali kelebihan. Tak heran kalau kebanyakan masyarakat lebih memilih menjalankan franchise ketimbang membangun usahanya sendiri dari nol. Adapun beberapa kelebihannya adalah sebagai berikut ini!




  1. Manajemen dan Sistemnya Sudah Pasti

Dari awal, bisnis franchais atau waralaba memang punya manajemennya sendiri yang dibentuk dengan matang. Misalnya saja tentang produk apa yang dijual, cara menjual, list menu, harga dan sebagainya. Jadi setelah Anda membelinya dari perusahaan maka tinggal dijalankan sesuai prosedurnya saja. Tidak perlu lagi susah payah memikirkan tentang modal, membeli bahan, produk jualan, dan sebagainya.

  1. Cepat Dikenal Masyarakat

Kelebihan lainnya dari bisnis yang satu ini adalah lebih cepat populer. Jauh sebelum Anda, mungkin sudah ada banyak pengusaha yang membeli bisnis franchais lebih dulu. Hal ini membuat brand atau namanya sudah dikenal masyarakat. Dengan begitu Anda tak perlu lagi melakukan kegiatan promosi karena banyak orang yang sudah mengetahui mengenai produk yang ditawarkan.

  1. Punya Banyak Partner Kerjasama

Ketika Anda memutuskan membeli sebuah waralaba dari perusahaan maka secara otomatis akan diberikan pelatihan lebih dahulu. Salah satunya adalah bagaimana cara berjualan, memasak, menawarkan pada pembeli, dan sebagainya. Selain itu, hubungan kerjasama dengan berbagai macam partner bisnis juga sudah terbentuk. Perusahaan tentunya telah menjalin kerjasama dengan produsen atau distributor lain untuk memenuhi kebutuhan mereka. Misalnya saja pemasok bahan produksi, jasa periklanan, distributor, jasa antar, dan lain sebagainya.

Jenis Bisnis Waralaba dengan Modal Minim 

Meskipun lebih menguntungkan namun tidak semua bisnis waralaba dengan modal minim. Sebelum memutuskan membeli sebuah franchais atau stand waralaba maka perhatikan dan pikirkan dulu dengan matang. Akan lebih baik lagi jika Anda sudah mengetahui jenis bisnis apa yang akan dipilih, jualan makanan basah, fast food, minuman, atau lainnya. Kemudian juga pikirkan modal yang dimiliki. Usahakan mencari jenis waralaba bermodal kecil jika Anda tak punya cukup uang. Nah, di bawah ini ada tiga rekomendasi bisnis waralaba dengan modal minim!

  1. Minuman Ringan

Bukan hanya makanan saja, sekarang ini juga muncul aneka jenis penjual minuman ringan. Tidak terlalu berat dan sifatnya menyegarkan sehingga banyak orang yang tertarik mencoba. Apalagi ketika mereka merasa kehausan karena hawa panas, habis menyantap makanan pedas, dan sebagainya. Anda bisa membeli bisnis waralaba jenis ini yang menjual berbagai macam minuman segar. Misalnya saja stand jus segar, infused water, mojito, aneka es limun, soda, dan masih banyak lagi. Dibandingkan dengan lainnya, jenis usaha franchais tersebut tidak perlu modal besar. Hanya membutuhkan beberapa bahan sederhana yang bisa dibeli dengan mudah. Akan tetapi penikmatnya jauh lebih banyak karena masyarakat lebih suka dan membutuhkan jenis minuman menyegarkan. Alasannya karena cepat menghilangkan rasa haus daripada minuman berat seperti es cokelat, doger, es campur dan sejenisnya.

  1. Makanan Ringan

Selain minuman, Anda bisa juga mencoba memilih jenis waralaba yang menjual makanan ringan. Anda bisa mengambil keuntungan dari salah satu sifat masyarakat Indonesia yang gemar jajan dan ngemil. Makanan ringan bisa membuat mereka ketagihan tanpa harus merasa kenyang. Apalagi jenis cemilan bisa dijadikan pendamping berbagai jenis kegiatan, seperti ngobrol, nonton TV, belajar, bersantai dan lainnya. Kemudian mangsa pasarnya juga luas karena banyak orang dari berbagai usia yang suka dengan makanan ringan, mulai dari anak-anak, remaja, anak sekolahan, kuliahan, pekerja kantoran, dan orang tua sekalipun. Anda dapat memilih produk makanan ringan apa yang rasanya lebih menguntungkan. Misalnya saja seperti keripik pedas, keripik pisang aneka rasa, seblak dengan berbagai level kepedasan, ceker setan, martabak mutant, donat isi, martabak semut, dan masih banyak lagi.

  1. Makanan Cepat Saji

Ada satu lagi jenis bisnis waralaba dengan modal minim tapi keuntungan berlipat ganda. Salah satunya adalah menjual produk cepat saji seperti fried chicken, kentang goreng aneka bumbu, churros, burger, hot dog, dan lain sebagainya. Anda bisa mengambil keuntungan dari sifat masyarakat jaman sekarang yang ingin serba praktis, khususnya dalam membeli makanan. Bagi orang tua yang sibuk bekerja, pastinya sudah lelah jika harus memasak di dapur. Itulah kenapa mereka lebih senang jajan di luar dan membeli lauk matang atau cepat saji untuk keluarga. Hal ini bisa menjadi target bisnis yang bagus karena Anda menjual apa yang masyarakat butuhkan. Lagipula modal dari jenis waralaba yang satu ini juga ringan. Bahan yang dipakai sederhana dan mudah sekali dijumpai.

Rekomendasi tiga bisnis waralaba dengan modal minim di atas patut Anda coba. Selain butuh modal kecil, keuntungan yang diberikan juga besar. Yang perlu diingat adalah pertimbangkan lebih dulu berbagai macam hal sebelum akhirnya membeli sebuah franchais makanan ataupun minuman. Perhatikan juga mengenai prospek keuntungan yang akan didapatkan. Jangan sampai Anda hanya mengikuti trend pasar dengan menjual aneka jenis makanan dan minuman populer saja. Sebaiknya pilihlah produk yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, menarik, unik, rasanya enak, harga pas di kantong, dan bisa sifatnya bertahan lama tidak musiman.